Olympic Residence Sentul: Apartemen Rasa Basecamp Destinasi Wisata

Sejak kecil, saya bermimpi memiliki rumah yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, rumah yang dikelilingi perbukitan, rumah yang memungkinkan saya menikmati pagi dan senja dengan lebih tenang. Rumah impian ini adalah rumah yang bukan hanya melindungi dari panas dan hujan, tetapi juga memberi kenyamanan batin bagi penghuninya. Tetapi, kebanyakan perumahan dan bangunan apartemen berada di pusat kota yang jauh dari ketenangan dan alam. Kalau pun ada yang di pinggir kota, biasanya selalu terkendala akses dan fasilitas yang terbatas. Dilema, manakah yang harus dikorbankan?

Hingga suatu hari saya mendapatkan informasi bahwa saat ini sedang didirikan apartemen Olympic Residence di kawasan Sentul, dahi saya sedikit mengernyit, 

"Benarkah di Sentul?"

Diantara sekian banyak proyek pembangunan apartemen yang sedang menjamur di Jakarta dan sekitarnya, ada satu loh yang berdiri di Sentul.

"Kalau begitu..Gunung Pancar, curug-curug, perbukitan, lahan golf nun hijau?? Amazing!"

Olympic Residence Sentul
Ya, membayangkannya saja sudah terasa amazing bukan? Bertempat tinggal pada satu titik pertemuan sejumlah destinasi wisata alam, rasanya seperti memiliki basecamp saja, ini menarik! Baiklah, pertama mari kita berkenalan dengan si basecamp yang bernama Olympic Residence. Olympic Residence Sentul adalah apartemen bertema “Smart Green Living” yang berlokasi di kawasan industri Olympic Commercial and Business District (Olympic CBD), Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Proyek apartemen ini digarap oleh tangan dingin PT HK Realtindo yang merupakan anak perusahaan BUMN PT Hutama Karya (Persero) yang bekerjasama dengan Olympic Development (PT Bogorindo Cemerlang). Membawa nama PT Hutama Karya tentu meyakinkan, coba perhatikan saja infrastruktur-infrastruktur seperti jembatan, gedung-gedung, jalan layang, banyak sekali contoh keberhasilan proyek Hutama Karya (HK) di sekeliling kita. Sementara soal perizinannya, Olympic Residence telah mengantongi IMB No. 648/003.2.1/00453/BPMPTSP/2015, jadi tidak perlu khawatir jika proyek ini adalah proyek 'abal-abal'. Selain digarap oleh perusahaan terpercaya, keunggulan lain Olympic Residence adalah lokasi strategis yang hanya butuh 10 menit dari kota Bogor, 20 menit ke Jakarta, dan beberapa jengkal dari gerbang tol Sirkuit Sentul. Apalagi jika nanti royek  LRT (Light Rail Transit) selesai dibangun, maka lengkaplah kemudahan akses yang ditawarkan apartemen ini.


Logo PT Hutama Karya (HK) yang sudah akrab dimata
Dari segi akses dan nilai investasi apartemen ini sangat menguntungkan. Lalu dari segi non materi, ternyata Olympic Residence juga jadi juaranya, poin penting dari sebuah hunian bagi manusia-manusia berjenis saya adalah bisa jadi basecamp menuju tempat wisata! Bagi orang yang menghabiskan separuh hatinya untuk jalan-jalan, keberadaan sebuah hunian di kawasan Sentul adalah kabar baik, apalagi hunian ini berbentuk apartemen yang saban hari terkenal dengan keunggulan fasilitas pendukung untuk kualitas hidup yang lebih baik, seperti jogging track, kolam renang, dan lain sebagainya.

Kembali soal destinasi wisatanya, Sentul adalah kawasan yang memiliki banyak "surga tersembunyi". Tidak heran, belakangan pamor Sentul semakin naik saja. Sejumlah "surga tersembunyi" tersebut telah saya sambangi sendiri, sementara jika melihat lokasi yang sudah-sudah, saya yakin masih banyak "surga tersembunyi" lainnya yang belum tereksplor. Maka, tinggal di apartemen Olympic Residence seperti memiliki basecamp yang menjadi pusat dari sejumlah tempat wisata menarik berikut:

1. Harum Hutan Pinus di Gunung Pancar

Destinasi paling hemat

Area Camping Ground Gunung Pancar

Gunung Pancar adalah destinasi yang paling mudah untuk diakses di kawasan Sentul, berupa kawasan hutan pinus yang telah dikelola menjadi tempat wisata. Gunung Pancar tidak kalah ademnya dari Pass Puncak Bogor, destinasi yang baik untuk jiwa dan dompet (karena murah meriah, hehe), serta tidak terlalu ramai. Apabila kita sedang rindu-rindunya dengan suasana gunuang dan malam api unggun, kita pun bisa camping ceria di Gunung Pancar, karena di area ini telah tersedia camping ground dan fasilitas MCK yang baik. Disamping itu, belakangan Gunung Pancar jadi semakin "hidup", seperti baru-baru ini diadakan konser musik indie-folk pada malam hari di camping ground Gunung Pancar, asik banget nggak sih? 
Jarak: 11 km

2. Bermain Air di Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk

Leuwi Lieuk dengan airnya yang bening dan biru

Air yang masih sangat bersih
Leuwi Lieuk dan Leuwi Hejo berada dalam satu kawasan. Selain dua air terjun ini masih ada air terjuan lainnya yang masih satu aliran sungai dari Leuwi Hejo. Untuk mencapai lokasi pintu masuk Leuwi Hejo agaknya membutuhkan perjuangan karena akses jalan yang kurang mulus. Sesampainya di parkiran pun kita masih lagi harus hiking sekitar setengah jam. Tetapi percayalah, pemandangan yang ditawarkan kawasan Leuwi Hejo pecah banget! Semua peluh menuju lokasi dijamin luntur saat kita menengok hutan berkabut di kanan-kiri jalan, apalagi saat kita menyeberangi sungai (yak! untuk sampai ke lokasi kita wajib menyebrang sungai) kaki terasa adeem banget! Harga yang pantas untuk memperjuangkan air terjun dengan segala keindahannya ini.
Jarak: 24 km  

3. Curug Hordeng dan Susur Sungai
 
Trek hutan yang masih sangat alami menuju Curug Hordeng

Susur sungai sebelum sampai ke Curug Hordeng

Curug Hordeng
Ternyata destinasi air terjun di Sentul itu memang nggak ada matinya. Kalau masih merasa kurang dengan kawasan Leuwi Hejo, masih ada segudang air terjun lainnya yang harus banget dikunjungi selama jadi warga Olympic Residence Sentul, yakni air terjun-air terjun di kawasan Curug Hordeng. Sejujurnya, untuk mencapai lokasi Curug Hordeng membutuhkan lebih banyak energi lagi dari pada Leuwi Hejo. Tetapi keindahan yang ditawarkan selama menjelajahi kawasa Curug Hordeng akan membuat kita senyum-senyum sendiri sepulang dari sana, indah banget! Dan yang lebih spektakuler lagi, di kawasan ini tidak hanya ada satu atau dua, tetapi ada tujuh air terjun sekaligus yang wajib banget dikunjungi! Yang tak kalah unik adalah untuk mencapai satu titik air terjun ke titik air terjun selanjutnya kita akan melakukan susur sungai, maka bersiaplah basah-basahan dan seru-seruan seharian di kawasan ini.
Jarak: 24 km
4. Saat Jakarta Utara terlalu jauh, melipirlah ke JungleLand

Destinasi paling dekat
Yap, hak privilage lainnya yang didapat bagi penduduk Sentul dan sekitarnya adalah keberadaan JungleLand yang lebih dekat dan adem ketimbang harus melakukan perjalanan jauh menikmati wahana bermain serupa ke Jakarta Utara. Serunya lagi, akses yang amat dekat ini memungkinkan kita untuk menikmati wahana Jungleland tidak hanya saat weekend. Bayangkan pada suatu sore yang melelahkan setelah bersitegang dengan tugas-tugas kantor, pulang ke apartemen, langsung lanjut melipir ke JungleLand, naik wahana yang memacu adrenalin, dan berteriaklah sepuasnya.
Jarak: 9 km

5. Wisata Santai ke Curug Bidadari

Lihat fotonya saja bikin adem
Jika dua lokasi air terjun sebelumnya dirasa terlalu berat, maka jangan lupakan Curug Bidadari. Destinasi wisata alam yang satu ini telah dikelola dengan modern sehingga menyerupai water park tanpa kehilangan unsur alami air terjunnya. Fasilitas di sini pun lengkap, di  Curug Bidadari telah tersedia penginapan sehingga memungkinkan kita menghabiskan malam di kawasan air terjun dengan lebih nyaman. Sangat pas saat kita butuh refreshing di tengah alam terbuka tanpa harus susah-payah.

Jarak: 11 km

Betapa dekatnya semua destinasi wisata itu dengan apartemen Olympic Residence, maka bagi siapa saja yang merindukan hunian yang literally dekat dengan alam, Olympic Residence pantas untuk jadi 'basecamp' kamu.

Komentar

Postingan Populer