Review Cat Air Pentel


Bismillah.
Sudah lama ada niat untuk me-review produk yang satu ini, karena sangat akrab dengan salah satu hobi saya: melukis. Saya perlu disclaimer nih dari awal, bahwa review yang saya buat bukan untuk yang memang expert di bidang lukis, saya nggak paham juga bedanya peralatan lukis yang student grade sama artist grade, intinya review ini sangat subjektif dan kegiatan melukisnya pun hanya sekedar hobi saja (jangan tersinggung ya, hehe..)Mostly, dari berbagai jenis media dan alat lukis yang digunakan saya hanya minat menggunakan cat air karena pengaplikasiannya lebih mudah dan murah. Sebenarnya belum banyak sih  merek cat air yang saya gunakan, sejauh ini baru pernah menggunakan 2 merek yang jadi judul postingan ini: Pentel dan Osama. Saya bahas satu-satu ya. Di posting kali ini khusus me-review Pentel.


Merek ini sudah nggak asing bagi saya dan siswa-siswi SD se-Indonesia Raya, iya, produk crayon Pentel memang hits banget sejak saya masih SD. Saya ingat  kok ketika masih SD, crayon Pentel ini warnanya bagus dan tekstur crayon-nya nggak menggumpal-gumpal seperti crayon ala-ala yang nggak jelas mereknya. Dalam lukis-melukis, saya sudah menghasilkan sejumlah gambar nih menggunakan cat air Pentel. Yang saya suka dari cat air Pentel adalah warnanya yang benar-benar cerah. Kita cukup menggunakan sedikit cat di ujung kuas dan dicairkan dengan air, maka sudah cukup untuk melukis background langit. Meskipun sedikit, tetapi kekuatan dan kecerahan warnanya tetap bertahan. Yang serunya lagi, ketika sudah diaplikasikan ke kertas, kemudian warnanya ketuaan, kita bisa langsung membasahi kuas dengan air, dan dengan cepat warnanya bisa larut dan rata dengan air (catat: padahal sudah diaplikasikan ke kertas loh). Dari semua warna yang ada dalam varian cat air Pentel, saya paling suka warna putih dan birunya, yap semua tone warna biru Pentel sangat cerah dan hidup. Bisa saya simpulkan kalau untuk lukis-lukis dominan warna biru, cat air Pentel ini pas banget.
Tapi yaah kualitas berbanding lurus banget sama harga. Untuk dapat sekotak cat air Pentel dengan 18 warna, harganya sekitar 60 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan). Ini ada sejumlah lukisan hasil menggunakan Pentel:


Ini pakai kertas HVS loh

Sumber inspirasi: botol aqu* dan evi*n 

Sea and the globe

Senja


Ini rincian review dari saya:
Kelebihan:
- Warnanya cerah meskipun kertasnya sudah mengering
- Paling cerah warna biru semua tone
- Cukup dipakai sedikit saja sudah bisa dipakai untuk banyak
- Benar-benar literally "water colors", karena saat ditambah air warnanya tetap cerah dan tidak pudar saat kertas mengering.
- Ukuran tube lebih besar dari cat air merek gak jelas.
- Bahan cat airnya smooth banget, nggak ada gumpalan-gumpalan komposisinya.

Kekurangan:
- Harganya lebih mahal dari cat air ala-ala

(bersambung ke review cat air merek Osama)

Komentar

  1. Hasil akhirnya berdebu apa nggak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak berdebu sih, tapi tergantung kualitas kertasnya juga. Overall kalau dibandingin merk Osama ya lebih better Pentel :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendakian Tak Terlupakan ke Gunung Rinjani

Tips Meredakan Rhinitis Alergi (Pengalaman Pribadi)

Eduard Douwes Dekker, Seorang Belanda Penentang Sistem Tanam Paksa di Indonesia