Tips Meredakan Rhinitis Alergi (Pengalaman Pribadi)

Bismillah..
melanjutkan postingsebelumnya tentang rhinitis, intinya ya rhinitis itu merepotkan, kalau mau sembuh total juga mahal. Setelah 7 tahun direpotkan oleh rhinitis, belakangan saya baru menemukan treatment yang cocok banget untuk saya. Treatment ini merupakan elaborasi dari berbagai bacaan, eksperimen, dan pengalaman loh :')
Saya merangkumnya jadi 3 tips saja, kalau di saya sih benar-benar terasa banget pengaruhnya. Ini bukan ngiklan kok, dan tidak ada satu pun merk yang akan saya sebutkan, jadi begini tips-nya:

Jogging cantik
1. Jogging
Ini serius loh, 1 tahun ini saya mulai rutin jogging 2-4 kali seminggu, jarak yang saya tempuh sekitar 2 km. Joggingnya tapi yang benar, sebelum-sesudah jogging lakukan pemanasan dan pendinginan, sepanjang 2 km itu larinya non-stop, dan kecepatannya konstan. Saya yang awalnya tidak rajin olahraga sempat juga merasa seperti kerja rodi, pulang dari jogging otot kaki pada sakit, tapi karena sekarang sudah terbiasa ya tidak sakit lagi, tidak juga merasa jarak 2 km itu terlalu jauh. Efeknya, intensitas rhinitis saya benar-benar berkurang, badan juga jadi makin segar, sehat, dan justru tidak gampang capek. Maka, jangan sepelehkan olahraga, karena saya sendiri sudah merasakan it really works.

Star fruit infused water is the best dah
2. Rajin-rajin makan buah
Buah apa aja deh yang memang biasa jadi konsumsi manusia. Kalau merasa buah rentan busuk (ehm anak kos), bisak diganti sama infuse water, gak harus buah stroberi atau kiwi kok, pakai jeruk nipis aja juga bisa (walaupun tampilannya jadi kayak minum air kobokan, hehe), yang recommended sih buah belimbing matang, enak banget dijadiin infuse water. Tapi kalau sudah dalam kondisi rhinitis lagi parah banget sampai makan buah udah nggak mempan, coba di-dopping pakai kapsul ekstrak kulit manggis. Ini pengalaman saya juga, baru tahu kalau ekstrak kulit manggis bisa se-kece itu untuk meringankan rhinitis.

Lompat-lompat

3. Jalan pintas
Kalau rhinitis lagi kambuh parah sampai kita jadi nggak bisa mikir (pengalaman), minumlah obat antihistamin (bisa dikroscek lagi). Dulu saya memang pakainya CTM, tapi nggak tahan banget deh sama efek hibernasinya yang menghalangi saya beraktifitas. Maka dari itu, sekarang saya beralih ke jenis antihistamin generasi kedua  yakni loratadine atau cetirizine, harganya agak sedikit lebih mahal sih dari CTM tapi efek ngantuk yang ditimbulkan tidak begitu terasa. Perlu dicatat, antihistamine ini hanya meredakan gejala, bukan mengobati total, sudah saya jelaskan di posting sebelumnya kalau rhinitis belum ada obatnya. Bukan cuma obat, jalan pintas kedua yang saya lakukan masih ada kaitannya sama olahraga, yakni melakukan jumping jacks, iya jumping jacks. Ini pengalaman saya (lagi), pernah suatu waktu saya bersin-bersin gak karuan sampai tidak bisa nafas lewat hidung, saya lawan rasa gak nyamannya itu, mulai bangun dari kasur, lalu melakukan jumping jacks 60 kali, ya pakai jeda atuh ya nggak 60 kali non-stop. Selesai melakukan jumping jacks mulai bisa nafas secara normal deh, kece kan. Pokoknya setiap hidung mulai tersumbat sampai nggak bisa nafas, coba jumping jacks aja terus.


Udah, segitu aja dulu. Semoga yang punya penyakit sama seperti saya bisa tetap sabar, sekecil apapun kesusahan kan bisa menggugurkan dosa, anggap saja itu hikmahnya dari penyakit kita :')

Update
Berikut adalah kabar terbaru saya soal rhinitis alergi, cheers! :)


Komentar

  1. Wah senasib..iya betul aq jg melakukan ky km lakukan..katanya ada obat acemaxs dari ekstrak manggis..tyt km jg minum ekstrak manggis..mau coba beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, iya. Ekstrak kulit manggis cukup membantu juga itu kalo kambuhnya lagi parah.

      Hapus
  2. saya sudah dari 2012 kena rhinitis alergi, penyebabnya juga ga tau, :( sampai sekarang belum sembuh.
    kualitas hidup terganggu, termasuk kerjaan. tetapi tetap sabarr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah coba ke dokter saja, sambil diselidiki saja mas alergennya apa, selagi bisa dihindari penyebabnya insyaAllah ga akan kambuh, semangat!

      Hapus
    2. Saya juga sekitar 3 th menderita penyajit rhinitis
      Setiap terpapar asap rokok atau kelamaan di ruang ber ac bisa bersin2 gak karuan,bdn lemas dan mata gatal2,

      Hapus
  3. Terimakasih ya, jadi semakin semangat buat olah raga dan tau tentang kulit manggis. Semoga sehat selalu! aamiin

    BalasHapus
  4. Sy juga kena rintis alergi musim hujan"ini,hidung trs berair bersin"dan mata gatal..
    Menyebalkan sekali..ada obat yg cocok sy pake sucidal.od

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah thanks sharing nya mas, alhamdulillah sekarang saya udah hampir ga pernah kambuh lagi alerginya bahkan ketika musim hujan :D

      Hapus
  5. Halo,mau nanya nih, rhinitis yang kamu alami terkadang disertai nyeri dada atau engga? Kalau iya, gimana cara mengatasinya? Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, wah saya tidak ada nyeri di dada sih, tapi lebih ke pedih+nyeri di mata :)

      Hapus
  6. Wah ada yang senasib rupanya. Awalnya gw kira polip, pas ke dokter tht rupanya cuma alergi. Anehnya didalam lubang idung gw kek ada daging besar numbuh gitu, gw dari taon 2014 sampe sekarang sik. Bener2 nyiksa sampe saat ini gw ga bisa kerja karna tiap hari pasti kambuh, bersin ampe puluhan kali sampe ingus tumpah. Orang sih anggap enteng tp yg ngerasain itu yg tersiksa, ok deh gw bakal coba cara lo semoga berhasil di gw yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sejak th 1976 kena rhinitis alergi,sejak itu sdh akrab dokter THT,dirontsen berkali kali,hasilnya katanya tulang bengkok menghalangi jalannya napas,dokter THT melebarkan lobang hidung,tapi lama kambuh lagi,sdh tiga kali digituing(dibilang dioperasi,tapi cuma dikasi masuk dilobang hidung,ya Allah sakitnya gak,sampe seminggu,)th 1990 sy konsul kedokter THT ditempat aku kerja,dokter THT bilang lagi ada tulang bengkok dirongga hidung,aduh rasanya mau kiamat sdh,ingat sakit kalau dibegitu lagi,sakitnya gak ketulungan.Aku balik kekampung(makassar)cari dok.THT lagi,aku ketemu diRS Polri(dokter Anton Manakbua,perwira polri)dianjurka konsul kerumahnya,beliaulah memberitahu bahwa,tindakan pelebaran(atau apa istilah medisnya lupa) tidak membantu karena aku penderita Rhinitis Alergi sinusitis choronika akut(kalau gak salah)beliau bilang bahkan,kalau salah penanganan bisa fatal,kalau luka bekas pelebaran(operasi) infeksi,beliau anjurkan jangan lagi setuju kalau DOKTER THT anjurkan begitu.saran beliau hindari pencetusnya(susu,telur,ikan sejenisnya,udara dingin,polusi debu,asap,aroma bau menyengat.sdh berobat keklinik alergi dijakarta,dikasi suntikan anti alergi,selama 2 tahun tapi belum juga sembuh.Ada obat/suplemen agak meringan kan produk Amerika(Aleerbegone HDI) tapi produknya BP POM,Suruh larang edar,munkin karena sangat asam bisa mengiritasi lambung.Aku akui andaikan aku disiplin dgn pantangan munkin sdh sembuh denga Alerbegone.sdh banyak org sembuh,celaka setelah tidak komsumsi Alerbegone penyakit tambah parah(alerbegone BP POM,tarik).sdh bbrpa macam obat cina,obat herbal,obat kimia tidak banyak membantu,milyaran sdh biaya habis.baru setelah membaca artikel diiternet,saya praktekkan jogging,olah raga aerobik,komsumsi buah jeruk,buah nenas madu baru banyak perubahan aku rasa.kesimpulan aku kepada pembaca,kalau ada dokter THT bilang harus operasi(pelebaran lubang hidung)karena tulan bengkok,ada daging tumbuh,telaah baik2 (aku alami tiga kali perlakuan begitu tidak membantu,malah menyiksa sakitnya berminggu.)aku menyadari mengatasi rhinitis alergi,hindari penyebabnya,perkuat daya tahan tubuh dengan makan buah2an(jeruk,buah naga,nenas madu kalau cocok,tomat suplemen beepropolis asli,extrat kulit munggis bahkan buahnya kalau tidak pengaruh dilambung,madu lebah,olah raga menyesuaikan misalnya lari2,lompat2 tali skipin,sid up push up kalau masih sanggup,menghirup air hangat+garam kalau mampet,hirup minyak kayu putih kalau sdh mampet hidung

      Hapus
    2. Trmksh infonya,
      Apa yg ada alami persis dgn aku tetapi skrg udah tak biarkan saja.

      Hapus
  7. Mlm semua,saya juga ternyta ken ritis alergi,smua obt udah du cbs,tpi klo obt'y hbis kmbuh lgi,cpe rasa'y udah 2 thun dri 2016 gk smbuh2,ap lgi pas kna hujan atau kna dingin psti lgsung kmbuh,gk tau nih obt'y ap,tp mu gkin bner kta hrus rajin olah raga,mulai besok insa aloh gue akn cb rjin olah raga ,mga aj bisa smbuh,amin...
    Mnta doa'y yach kwan2 mga aku smbuh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ternyata banyak ya yg alergi rinitis, poinnya memang harus di jaga pola hidup sehat yak, semoga kita sehat-sehat terus, aamiin! :)

      Hapus
  8. ekstrak kulit manggis gimana caara buatnya?

    BalasHapus
  9. Ya saya juga dari kecil kena rinitis alergi. Nurun dari orang tua saya. Terisksa banget ini walaupun ga fatal tetapi mengganggu aktifitas. Emang ga ada obatnya. Tetapi kita hanya bisa berdoa dan bersabar kepada Allah SWT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, semoga jadi penggugur dosa juga sakitnya

      Hapus
  10. Wah, ada yg senasib sm saya trnyata.. Saya udah pernah coba yg jogging mbak. Saking frustasi'a karena rhinitis kambuh setiap abis maghrib, saya coba olahraga (jogging, sit up, senam se semangat mungkin) dan emg bner itu bisa meredakan rhinitis.. tp heran'a kdg berhasil kdg gk (apa mungkin rhinitis'a jd kebal??).. yg akhir2 ini sy pelajari sch rhinitis saya itu kambuh setiap pms, pas kondisi badan lg drop.. kalau beli obat antihistamin itu harus pakai resep dokter / bisa beli bebas di apotik mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditambah makan buah mba, coba minum infus water juga. Kalau mba badannya kurus, mungkin bisa dicoba juga dengan naikin berat badan. Sejak bb saya bertambah (tapi masih dalam batas normal BMI ya), alergi saya jarang kambuh, kayaknya dalam setahun hanya 3-4 kali, saya juga nggak paham kenapa tapi kalau di badan saya kenaikan bb ngaruh banget bikin ga gampang sakit.

      Hapus
    2. Mungkin harusnya pakai resep dokter kali ya, tapi saya beli di apotek tanpa resep dokter sih bisa. Tapi jangan rutin ya, paling lama saya hanya minum antihistamin 3 hari aja, dan itu cuma 1x/hari

      Hapus
  11. Hai...terima kasih untuk blognya ya..aku termasuk yang menjadikan tips dari kamu sebagai pegangan aku untuk menyembuhkan alergi ini, setiap mau tidur rasanya tersiksa banget karena hidung tersumbat..sudah alergi sejak 1 tahun yang lalu..semoga cepat pulih seperti sedia kala dan udah mulai jogging tiap hari 1 bulan ini. Terima kasih ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, terima kasih juga sudah berkunjung, jangan lupa makan buah juga ya setiap hari. Kayaknya pola hidup sehat memang kuncinya ya :)

      Hapus
    2. Gimana sekarang rhinitisnya?

      Hapus
  12. Saya sudah hampir 4 tahun ngerasain rhinitis alergi sampe sekarang pun belum sembuh. Mohon doa nya ya teman teman, semoga kita semua yang terkena rhinitis alergi bisa sehat dan kembali sehat . Terimakasih .

    BalasHapus
  13. Terimakasih atas saran yang diberikan, sangat membantu saya dan semoga bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  14. Saya alergi dah 14th, mlh kdg sp asma, tiap mlm mnm obt alergi. Pingin skli gak mnm obt lg, tp dah gak bs. Klo lari dr dlu gak kuat, tmbh gak bs nafas. Klo jln kaki sich mgkn msh kuat. Gmn ya cara mengatasinya barang kali ada yg tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak saya juga rhinitas udh 3 th kl kambuh udh kyk asma susah napas dr hidung ,hilang2 timbul gitu penyakitnya

      Hapus
    2. Coba bikin ramuan jahe, bangle, sereh direbus bareng lalu airnya disaring kemudian dikasih madu biar ada rasa manisnya. Diminum pagi dan sore. Alhamdulillah 3 hari saya sudah lumayan nafas agak lega

      Hapus
  15. Wah sesnasib sepenanggungan nih Mbak...ini Rhinitis saya lagi kambuh2nya ...sudah 1 minggu tidak bisa bernafas dari hidung....tersiksa banget. Dokter juga sudah sarankan saya untuk berolahraga , tapi usahakan kena matahari pagi....Thanks untk sharingnya mbak , berguna banget ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada perkembangan ngga mbak hiding tersumbatnya?

      Hapus
  16. Sama saya juga uda 10 thn blm sembuh

    BalasHapus
  17. Obat nya apa aja ya kira2 minta resep ya

    BalasHapus
  18. Minta tolong WA ke no ku ya teman2 088210051343 Abraham

    BalasHapus
  19. Rhinitis alergi mmg gak ada obatnya untuk menghindari ya cuma dgn olahraga dan pola makan yg baik, saya pernah kambuh parah di 2003 sampai masuk rumah sakit & dioperasi karna mmg bnar2 tidak bisa bernafas lewat hidung dan bernafas lewat perut perutpun sakit karna trllu stres mikir penyakit asam lambung pun naik jadi tambah sesak untuk ambil nafas, 2017 kambuh lagi gara2 rumah banjir jadinya kedinginan, periksa ke tht dan sya brtanya apakah perlu tindakan operasi kata dokter tidak perlu ..Sampai sekarang yg sya rasakan ya hidung sllu tersumbat 1 berpindah2 kadang sampe ngos2an nafasnya, tpi alhamdulillah disyukuri Allah kasih penyakit ini untk menggugurkan dosa2 dan dinikmatin setiap hembusan nafas yang dikasihNya, bukan hanya sakit rhinitis aja yg Allah kasih skrg lagi konsen ke penyembuhan miom juga, semoga kita semua sllu diberikan kesehatan dan diberi kekuatan atas cobaan yg dikasihNya Aamiin ya rabb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah ampuni dosa² kami...

      جزاكم الله خيرا atas komentarnya yg baik ini.. saya juga kena rhinitis ternyata, astaghfirullah, 2 lubang hidung mampet semua.. nafas pake mulut.. ya Allah semoga dengan sakitku ini diampuni segala dosa² ku

      Hapus
    2. Saya juga didiagnosa rhinitis alergi dr tahun lalu krn lingkungan kerja yg buruk rokok dimana2, saran untuk penanganan dirumah apalagi kalo lagi kambuh berat, coba irigasi nasal pakai air hangat+garam seujung sendok teh(jangan terlalu banyak)kalau bisa setiap malam sebelum tidur irigasi nasal. Minum juga campuran jahe+kunyit ini bener2 bisa ngebantu banget. Jangan lupa olahraga disesuaikan dg keadaan fisik & mandi air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh dmn peningkatan suhu drastis seperti mandi air hangat& olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan kebanyakan makan junk food perbanyak rempah, sayur & buah, dg membangun pola hidup yg sehat sdh membantu kita utk mengurangi konsumsi obat bahkan tidak sama skali. Semoga membantu

      Hapus
  20. Bismillah. Anak sy umur 11 thn jg kena. Mhn sarannya utk anak sy apa ada obatnya?. Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya juga rhinitis dari usia 4th, sekrg sudah usia 9th, sempat operasi sinusitis juga. Bingung sama anak rhinitis klo udh kambuh, pilekkkk terus😢

      Hapus
  21. Saya terkena rinitis sejak thn 2016 .. tiap periksa ke rumah sakit umum slalu dapat obat semprot Sampe hbis 6 dan itu efeknya cuma sebentar.. kambuh lagi kambuh lagi.. apalagi klau minum obat tabletnya haduuh jd hibernasi tiap pagi-mlm ngantukny g ketulungan... Skrg mo coba saran KK .. semoga Qt smua diberi kesembuhan.. aamiin

    BalasHapus
  22. Saya juga sama terkena rhinitis alergi.. Tiap kedinginan dikit hidung pasti mampet dan beringus sampe ngeganggu aktifitas, lalu saya berikhtiar nanya nanya sama dokter umum sampai spesialis THT emang kalo rhinitis alergi gk bisa sembuh kecuali rhinitis penyebabnya karena virus at bakteri mungkin bisa sembuh. Lalu saya d berikan tips semprot hidung pakai larutan Nacl 0.9 % pakai spuit suntikan yg 10 cc ke hidung 2-3 x sehari, at bisa juga pakai respimer buat pembersih hidung tpi harganya mahal klo respimer, itu tujuan nya agar lendir n debu yg menempel d dlm hidung bisa keluar dan bisa melembabkan mukosa hidung. Selanjutnya rajin berolahraga min 3x sminggu. Banyak minum air putih min 8 glas / hari. Bnyak mngkonsumsi vit c, vit D, vit B complex krna bagus untuk peradangan. Mungkin kalo lagi kambuh parag bisa pakai obat anti histamin sprti loratadin n obat buat dekongestan (melegakan napas) sprti pesoudoepedrin, itu hanya tips ya kawan kawan senasib, yg terpenting banyak berdoa dan beristigfar kepda Allah SWT mungkin penyakit yg kita alami akibat ada dosa maksiat at dosa kpd k2 orng tua yg blum bisa kita tinggalkn, yg terpenting bersabarlah
    :)

    BalasHapus
  23. aku baru kena dari bln 3 2019 , sampe skrg bingung penyebab nya apa, hidung gatel ga ketolongan, tpi aku di siang hari waktu panas2 nya jga msh ttp bersin2 gatel2 meler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ank saya sekitar bln itu kena sampek sekarang.
      Tiap hbis dr kmr mandi atau wudhu pasti hidung mampet..gatal g karuan

      Hapus
  24. Udah sampai frustasi dengan penyakit ini tiap pagi dan kalau kena debu pasti selalu bersin",,,tapi anehnya baru kena penyakit ini sekitar 4 tahun yang lalu,,ada yang tau penyebabnya apa?

    BalasHapus
  25. saya baru rasakan sekitar 3 minggu lebih. sakitnya itu selallu terasa menjelang mageib atau setelah magrib. to pas bangun tidur sampe siang aman. tp z tdk ingusan sih. bersin2 jg jarang.z konsul sm sm ter tht ktax rhinitis. tp entahlah z tdk tau benar atau tdk zox z konsulx sm dokter thr tanpa ketemu langsung. cm dri gejela yg zaya razakan dia zimpulkan. tp menurutku ada beberapa yg memang benar. z zdh menggunakan obat semprot BNS zdh 3 hri tp belum sembuh

    BalasHapus
  26. Kirain saya doang yg menderita rhinitis kira2 hampir 5thn. Sekarang kambuh lagi, mulai kambuh sejak 1 januari, sdh 16 hari kadang demam, bersin2, hidung meler, mampet, batuk, dan tenggorokan gatal, sakit kepala, pusing. Dokter nyaranin utk berjemur. Semoga penyakit ini tidak menurun pada keturunan saya seperti yg diprediksi dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masnya ada gatal di mata gak....n udah berobat n d ksih obat apa

      Hapus
  27. Rhinitis benar benar menyiksa ku, sudah 2 tahun merasakan hidung mamPEt.. sudah sering ke THT Memang hanya jawaban dokter hindari debu dll. Aku benar benar udah putus asa dengan penyakit ini ..😢😭 semoga tak terjadi pada anakku 😭😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidung mampetnya konstan ya.. maksud saya selalubmampet gantian kiri kanan apa cuma mapet waktu kena pencetusnya saja?

      Hapus
  28. Saya rhinitis sudah hampir 4 tahun. Dulu masih rutin minum obat sekarang udah engga. Kalo kedinginan & kena asap rokok langsung batuk pilek, kadang kalo malam lagi tidur suka kambuh sampe kebangun dan gk bisa tidur lagi . Mata gatel kadang telinga juga ikutan gatel. Udah nyobain pake propolis rada mendingan . Trs katanya ada yg bilang rhinitis bisa sembung dengan gurah tenggorokan& hidung. Emang itu benar? .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak saya sudah gurah tapi tetap saja malah memburuk gurah hanya untuk mengeluarkan dahak

      Hapus
  29. Saya sudah lebih dari 30 tahun terkena rhinitis alergi yg parah banget. Dokter spesialis THT sudah jadi langganan rutin. 2 minggu sekali sudah hampir pasti berobat ke dokter. Capek deh.
    Beruntung sekali, 3 tahun yang lalu saya dikasih tahu teman supaya mencoba terapi yang murah dan mudah. Setiap bangun tidur pagi (subuh) saya lakukan terapi rutin dengan menghirup air ke hidung perlahan2 sampai terasa pangkal hidung seperti ditusuk jarum. harap diperhatikan jangan terlalu kencang hirupnya supaya air tidak bablas masuk ke saluran pernapasan. aku tahan 5 hitungan dan aku semprotkan air yg di dalam lubang hidung itu sekencang2nya. Brooossss...plong rasanya. Awalnya memang cukup perih dan nggak enak. tetapi lama2 rasa perih itu mulai berkurang seiring waktu. Beberapa minggu kemudian aku sudah tidak merasakan lagi gangguan rhinitis alergi yg menyiksa ini. Alhamdulillah. Meskipun tidak 100% sembuh tetapi alergiku tidak separah dulu. aku jadi lebih tahan terhadap debu, asap dan AC. Goodbye dokter THT. Boleh dicoba, siapa tahu anda bisa mendapatkan hasil yg lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memanh gejala yg dirasakan apa mas

      Hapus
    2. Kalau di praktekan untuk usia 9th mungkin agak repot ya....

      Hapus
  30. Aku ingin bercerita,mengenai pengalaman mengenai penyakit yg telah menemaniku selama 46 th,telah menghabiskan milyaran biaya,sdh ratusan macam obat kimia,obat herbal,berbagai terapi,obat cina sampai suplemen buatan Amerika.Awal dari penyakit ini,karena aku stress,aku terdampar disekolah pertanian swasta,sangat jauh dari eksfektasi saya, belajar tidak teratur,numpang belajar disekolah orang,peraktek seadanya.Beban phisikologis sangat berat karena harus mengikuti ujian yg diselenggarakan sekolah negeri,untuk mendapatkan ijazah yang dikeluarkan menteri pertanian.Mulailah penyakit maag,psikosomatik dan Rhinitis Alergi.Rhinitis Alergi yg paling berat sy rasakan karena telah ditangani 5 dokter Sepesialis THT,dengan tindakan pelebaran lubang hidung(opersi katanya adanya tulang bengkok) sebanyak 3 kali,tetapi juga tidak membantu hanya mengakibatkan rasa sakit sampai 2 minggu paska operasi.Hanya keajaiban yg diberikan Allah SWT bisa diangkat PNS,sy ditempatkan di Sulteng,sy konsultasi dengan dokter akumtur dimakassar beliau menyarangkan ke Palu saja udara Palu panas bisa mengurangi kambuhnya rhinitis alergi.Tetapi faktor phisikologis juga,tidak menunjang,bekerja dengan fasilitas tidak memadai,sy tiba diPalu th 1984,mending didesa saya,sdh ada mikrolet,astaga dipalu baru ada helicak 5 buah.aktifitas harus jalan kaki,setelah 4 th dipalu rhinitis tamba jadi sakit kepala ,susah napas,badan loyo,konsul kedokter THT bilangnya harus opersi lagi,mendingan balik kampung kemakassar.tiba dimakassar sy cari polik THT dirumah sakit Polri(karena RS ini belum pernah tempati berobat) ketemu dr Antong Manakbua SP THT(mayor polisi kalau gak salah)beliau menerangkan penyakit saya ini karna alergi,tindakan beberapa kali tidak banyak membantu,bahkan bisa fatal kalau terjadi infeksi kalau tidak ditangani dengan optimal.sejak th 1989(sejak dr.anton manakbuah jelaskan) dr Roman menyaranka berobat ke Klinik Alergi dr Mustopa jl.Tanah Abang III jakarta,diberkan suntikan Laprin 1 dan Laprin 2 selama 2 tahun,munkin karena sy tidak menyadari bahwa faktor utama penyembuhan alergi adalah hindari steress.Pada tahun 2003 penggunaan jamu herbal hampir merenggut nyawa saya efeknya lambung saya bocor,dan harus dioperasi.Pada th 2004 sy mencoba suplemen buatan Amerika,mag sy bisa sembuh,dan rhinitis alergi tetapi BP POM Menarik dari peredaran,munkin karna kalau pasien tidak melarutkan kedalam madu,bisa fatal buat lambung karena sangat asam.singkat cerita sy mencoba beberap obat cina,beberapa suplemen yg mahal2 tidak juga,kepala tetap penin,muka,hidung,dada sakit,mata gatal.Baru beberapa hari ini,setelah saya memperaktekkan yg sy baca diinternet,bahwa rhinitis alergi bisa diatasi dengan komsumsi buah buahan dengan madu dan harus olah raga aerobik(lari santai,lompat2,pus ap,sit up) pokoknya aerobiklah .Alhamdulillah rasa pening dikepala,sakit tenggorokan,nyeri didada,sesak napas,mata berair,hidung mampet sudah sangat berkurang.akhirnya saya mengetahui rhinitis alergi bisa diatasi dengan olah raga rutin,makan buah nenas,buah naga,air jeruk dengan madu rutin tiap hari,pantangan dihindari makanan,macam saya ,ikan ,susu ,telur,ayam potong sy hindari ,rhinitis sdh mulai menjauh.Buat pembaca,penderita rhinitis alergi hati2 menggunakan obat flu,jamu jamu inflensa bisa mengiritasi lambung,minum madu dgn air jeruk,makan buah naga, nenas madu,ekstrak kulit manggis,jus buah manggis,rutin olah raga aerobik ,jangan stres insyaallah kabur rhinitis alergi

    BalasHapus
  31. Makasih pak infonya semoga bermanfaat buat sy n buat dulur² yg sependerita rhinitis alergi. Sy udah puluhan tahun sakit ini tapi baru² tau taun ini berobat drTHT rsud indramayu di ronsen katanya si sakit rihnitis alergi di kasih obat cetirizine obatnya kecil di minum 1x1 sehari udah berobat dua bulan berjalan tapi kalo obatnya habis kambuh lagi sakitnya

    BalasHapus
  32. Makasih pak infonya,krna saya jg mengalaminya bahkan saya jg kena maag,asma jg,alergi debu dingin makanan yg sprti bapak sebutkan,bahkan makanan2 instan saya kg gak bisa makan,hampir 1bln ini saya rutin minum madu dan jeruk nipis,alkhamdulilah sdh banyak bedanya

    BalasHapus
  33. Makasih pak infonya,krna saya jg mengalaminya bahkan saya jg kena maag,asma jg,alergi debu dingin makanan yg sprti bapak sebutkan,bahkan makanan2 instan saya kg gak bisa makan,hampir 1bln ini saya rutin minum madu dan jeruk nipis,alkhamdulilah sdh banyak bedanya

    BalasHapus
  34. Makasih pak infonya,krna saya jg mengalaminya bahkan saya jg kena maag,asma jg,alergi debu dingin makanan yg sprti bapak sebutkan,bahkan makanan2 instan saya kg gak bisa makan,hampir 1bln ini saya rutin minum madu dan jeruk nipis,alkhamdulilah sdh banyak bedanya

    BalasHapus
  35. Saya sudah dari tahun 1998 dan pernah satu kali di operasi.
    Sakit ini sangat menyiksa dan bernafas jadi susah dan berat.
    Terimakasih info dari kawan kawan semua.
    Akan saya coba tipsnya.

    BalasHapus
  36. Anak saya juga rhinitis alergi sejak umur 2,5thun..mlah sekarang sering mimisan tapi tidak banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang kondisinya gimana Bu?, Q juga di diaknosa kena alergi rhinitis sekitar 10 tahunan hidung meler, tiap pagi dan malam kalo siang sembuh, dan sekarang ini suka mimisan ,ya Allah bingung dan takut banget, mohon sarannya?

      Hapus
  37. Sya juga rnitis alergi ...tp aneh nya kenykn kn bersin.2...koq sya tidak ada bersin ya...cuma RSA nya mau bersin aja....apa ada juga yg seperti sya

    BalasHapus
  38. Kalau gejala saya seperti ada benjolan di rongga hidung kito yg kadang membesar dan kadang mengempis tergantung cuaca,dan ketika malam hari di luar ruangan saya agak sulit bernafas dan hidung tumpat, kepala pusing dan mudah lelah

    BalasHapus
  39. Mohon info dr teman2 yg sudah sembuh dari Rhinitis alerginya.. ttg terapi maupun obatnya.. Saya baru saja menemukan forum ini stlh bertahun2 mengalami sesak nafas, hidung sll tersumbat walau tidak pilek.. Sy pikir itu krn asam lambung sy yg naik. Tp stlh lambung sy baik2 sj, kok hidung tetap sering tersumbat..

    BalasHapus
  40. Saya juga sdh 3 bulan ini terkena rhinitis alergi. Benar² menyiksa sekali kalau udah kambuh.

    BalasHapus
  41. Saya jg terkena rhinitis alergi sudah bertahun2. Sy usahakan utk tidak mnum obat krna mengingat efeknya jangka pnjg. Pintar2nya kita jaga imun tubuh, sy sllu mkn mnum yg brgizi, mnum vit c, vit e, dan brjemur tiap pagi. Alhmdllh efek positifnya terasa sekali. Jdi nggk mudah kmbuh.

    BalasHapus
  42. Sama seperti yg saya rasakan, setelah bertahun tahun berusaha berfikir positif bahwa sehat² saja dan tdk akan terjadi apa², akhirnya saya tau bahwa ini rhinitis.. selagi masih sehat walaupun terganggu dengan ini tapi harus dihadapi dengan sabar ikhtiar dan berdoa. Hanya allah maha pemberi mukzizat sehat utk kita.. semoga teman2 yang sakit diberikan kesabaran dan percaya bahwa rencana allah jauh lebih indah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendakian Tak Terlupakan ke Gunung Rinjani

Eduard Douwes Dekker, Seorang Belanda Penentang Sistem Tanam Paksa di Indonesia