Review Cat Air Simbalion Osama

Bismillah.
Akhirnya sempat menulis lagi untuk review produk. Kali ini masih nggak jauh-jauh dari salah satu hobi saya, ngelukis. Jika pada posting sebelumnya nge-review cat air merk Pentel, sekarang giliran review cat air low-end budget yakni Osama Water Colors dari Simbalion (selanjutnya disebut Osama saja). Cat air Osama adalah cat air pertama yang saya miliki sendiri setelah aktif menggeluti hobi lukis-melukis lagi, harganya terjangkau jika dibanding dengan merk lain, saat saya beli di tahun 2015 (dan belum habis sampai sekarang) harganya hanya 25 ribu, terdiri dari 12 warna cerah. Cat air Osama berbentuk pasta dan dikemas dalam tube, jadi untuk mengaplikasikannya harus menggunakan palet. Dilihat dari harga dan varian warnanya, sudah cukup tergambarkan kalau cat air Osama ini jelas untuk student grade (atau bahkan kinder grade, haha)


Wujud cat airnya
Kalau pada review sebelumnya saya sangat suka warna biru dari merk Pentel, nah untuk merk Osama warna merah yang jadi juaranya. kalau mau menggambar bunga atau gambar lain yang didominasi warna merah, cat air Osama dapat menghadirkan warna yang cukup cerah. Tetapi sebaliknya, warna biru yang dihasilkan kusam sekali, sejauh ini saya belum pernah merasa puas menggunakan cat air Osama untuk melukis langit, paling banter cukup baik kalau melukis langit malam yang dominan biru tua atau langit senja yang dominan ungu-jingga, big no untuk biru langit. Selain itu, tekstur cat airnya juga sangat jelek, jika kita cairkan dengan banyak air warnanya jadi tidak hidup, tetapi kalau menggunakan banyak cat teksturnya jadi terlalu bold, bingung euy.

Masih soal kekurangannya, disamping tekstur cat yang kurang halus si Osama ini juga agak sulit diaplikasikan ke kertas biasa, pengalaman saya cat ini baru terlihat "agak mending" saat diaplikasikan pada kertas lukis cold press.



Ini tekstur cold press paper

Untuk hasil lukisannya tentu kembali pada skill melukis masing-masing, hanya saja kelemahan cat air Osama membuat warna lukisan  kurang vivid, memang sih saat cat masih basah lukisan akan terlihat bagus tetapi begitu cat mengering lukisannya jadi kusam sekali. 

Meski begitu, dengan harga murah yang ditawarkan, setidaknya cat air Osama bisa dipakai dengan tega dan boros, haha.. terutama untuk warna netral seperti hitam, putih, dan cokelat. Overall, cat air Osama ini memang cat air untuk pemula yang masih minim budget. Tapi kalau memang ada budget lebih, saya sarankan untuk tidak menggunakan merk Osama. Berikut hasil lukisan saya yang menggunakan cat air Osama:


Buat flower watercolor biar kekinian

My starry night

Rimau

Dee(a)r

Perempuan Bali

Awan Imaji



Proses ngelukis si Rimau

Warna langit yang mengecewakan :(

Tapi warna merahnya epik!

Kelebihan:
- Harga sangat murah
- Warna merahnya bagus sekali
- Warna netral hitam, putih, dan cokelat masih bisa dimanfaatkan dengan maksimal

Kekurangan:
- Teksturnya menggumpal/tidak smooth
- Jika dikasih air warnanya jadi kusam
- Hasil lukisan sangat jelek jika diaplikasikan di kertas biasa
- Hasil lukisan kurang cerah

Komentar

  1. Sekarang harganya 40 rb kak:( jadibga tega buat habisin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau untuk ukuran pelajar/mahasiswa memang costly sih, kalo hobinya berlanjut sampai kerja semoga kebeli cat air yang lebih bagus ya.

      Hapus
  2. Hi! Salam kenal. Mau nanya, memang bener ya watercolor Osama cuma ada yg gouache ini? Soalnya tak rasa2 kok density nya beda (lbh pekat) drpd yg pernah kubeli dulu. Ada seri watercolour Osama yg lain kah? Ini kubeli baru, gouache 40-45rb. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, setau saya cuma satu jenis, kalau pun beda hanya di pilihan 12 atau 24 warna. Mungkin ada pengaruh dari cara penyimpanan produknya pas di toko, maaf ya kalau jawabannya kurang membantu

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendakian Tak Terlupakan ke Gunung Rinjani

Tips Meredakan Rhinitis Alergi (Pengalaman Pribadi)

Eduard Douwes Dekker, Seorang Belanda Penentang Sistem Tanam Paksa di Indonesia