Cara Melakukan Pembatalan Tiket Kerta Api Indonesia

Bismillah.

Halo gais! Kali ini saya mau berbagi duka, huhu.. eh nggak deh bukan duka, cuma belum rezeki. Jadi ceritanya di awal tahun 2017 ini saya ada dua agenda ngebolang (lebay dah segala diagendain, haha), akhir Februari kemarin rencananya saya mau ke Jogja dan Magelang, penasaran banget sama sate klathak sekalian mau sowan ke Candi Borobudur setelah belasan tahun nggak pernah mampir kesana lagi. Sedangkan untuk bulan Maret, rencananya minggu ketiga Maret saya mau cari wangsit ke Gunung Merbabu via jalur Suwanting, ngga deng pendakian ke Merbabu tujuan utamanya untuk latihan fisik sebelum April ke Rinjani (ckckck..kelakuan anak gadis gini amat yak).

Tapi apa daya, nasib berkata lain, hiks.. Perjalanan ke Jogja dan Merbabu dibatalkan karena saya sakit. Loh gimana ceritanya? Jadi rencananya Jumat siang (24 Februari 2017) saya dan 2 teman anak IPB ngambil perjalanan jam 12 siang naik kereta ekonomi Bengawan dari Pasar Senen. Sampai di stasiun jam 11.30 saya benar-benar nggak kuat, badan saya yang memang dari awal isn't in the best condition lalu mendadak langsung drop dan demam tinggi. Padahal kami sudah di dalam stasiun Pasar Senen, akhirnya saya memilih mundur dan pulang tanpa dendam ke Depok, sementara 2 teman saya ngelanjut sampai Jogja. Imbas  dari sakit ini, nyonya besar di rumah langsung mencabut izin buat ke Merbabu. Alasannya karena waktunya mepet banget 3 minggu sejak saya sakit, apalagi cuaca memang belum stabil. Yah sebagai anak solehah ngeri juga kalo naik gunung tapi ngga ngantongin ridho emak, salah-salah ntar kuwalat saya. Yah sudah gagal dua kali deh saya.

Maka ada 3 tiket yang batal saya gunakan:
- Bengawan Jkt-Jogja 24 Februari 2017
- Bogowonto Jogja-Jkt 27 Februari 2017
- Brantas Semarang-Jkt 19 Maret 2017

S & K

Nah berdasarkan pengalaman saya kemarin ternyata simple sih untuk refund tiket KAI. Biar gampang saya jelasin antara kalau kita refund sendiri atau minta tolong di-refund sama orang lain.

Refund sendiri
Syarat:
1. Tunjukin KTP asli
2. Bawa fotokopi KTP kamu
3. Tunjukin kode booking / print out tiket
4. Isi form warna merah
5. Datang ke loket maksimal 30 menit sebelum keberangkatan

Kalo ngambil sendiri itu bisa berarti dua: refund yang bener-bener punya kita doang atau refund kolektif yang dalam satu booking ada beberapa orang. Kemarin saya melakukan refund untuk diri sendiri (Bogowonto) dan untuk kolektif (Brantas).

Kan ceritanya  tiket KA Bengawan milik saya nggak bisa di-refund karena waktu itu keberangkatan kereta kami sudah mepet setengah jam, terlebih saya juga sudah nggak kuat jalan. Yang gregetnya adalah KA Bogowonto itu pemberangkatannya adalah hari hari Senin, 27 Februari jam 9 pagi. Waktu itu kan kondisi saya lagi sakit jadi nggak mungkin kan kalau mau ke stasiun pas hari Sabtu/Minggu nya, ntar ngga sembuh-sembuh lagi. Akhirnya saya putuskan harus diurus hari Senin satu jam sebelum keretanya berangkat.

Misi penyelamatan refund tiket KAI pun dimulai. Senin pagi jam 7 saya cus berangkat dari Depok ke Gondangdia menembus lautan anak kereta. Sampai Gondangdia saya lanjut naik gojek ke Stasiun Gambir. Alhamdulillah pas banget jam 7.53 pagi saya sampai ke loket refund di Stasiun gambir. Gila dah senam jantung banget biar bisa 30 menit sebelum keberangkatan di-refund, dan bener aja pas sampai loket mba-mba nya langsung buru-buru ngebatalin tiket KA Bogowonto saya, baru saya nyusul ngisi form dll, fiuh..

Di booking yang Bogowonto kan saya belinya sekalian bareng teman yang dari IPB, dia kan nggak ngebatalin alias cuma saya aja, jadi saya wanti-wanti banget ke mba loketnya supaya jangan ke-klik batal dua-duanya, hehe.

Setelah tiket Bogowonto selesai di-refund baru deh saya isi form lagi untuk refund kolektif yang tiket Brantas. Selain saya ada 7 teman yang ikut batal ke Merbabu gara-gara saya ngga jadi ikut, maaf, huhu..  L
Nah di tiket booking itu ada 4 nama yang semuanya diwakili oleh saya. Ternyata nggak ada syarat macem-macem loh.. syaratnya sama persis dengan kalo ngambil untuk diri sendiri, bedanya kita cuma bilang aja ke mba loketnya kalo yang mau refund itu semua nama yang ada dalam kode booking itu.

However, kalo kita mau minta tolong orang lain buat refund tiket kita, rada ribet nih syaratnya.

Di-refund alias minta tolong sama orang lain
Syarat:
1. Ada yang mau bantuinnya (yaiyalah)
2. Tunjukin KTP asli si orang yang kita wakilin
3. Bawa fotokopi KTP orang yang kita wakilin
4. Bawa surat kuasa dengan ttd basah+materai dari orang yang mau diwakilin
5. Tunjukin kode booking orang tersebut
6. Isi form warna merah
7. Datang ke loket maksimal 30 menit sebelum keberangkatan

Nah kalo yang ini ceritanya kan saya mau ke Merbabu berdelapan, kami booking kereta 2x karena satu kode booking bisanya maksimal buat 4 orang doang, kata temen saya sih gitu. Saya dan 3 teman masuk ke kode booking ABCD sedangkan 4 lainnya masuk kode booking WXYZ. Karena kemarin itu saya ada di kode booking ABCD jadinya yang masuk ke kode booking itu bisa saya refund kolektif, syaratnya ga macem-macem. Nah, cuma saya jadinya nggak bisa ngewakilin teman-teman saya yang kode booking WXYZ karena saya nggak punya ktp asli, fotokopi, dan surat kuasa asli dari mereka (ini aturan perusak pertemanan dah)

Ini loh yang namanya form merah, tapi ini kertas karbon-nya

Nanti bagian belakang kertas nya dicetak kayak gini

Well, itu soal cara refund-nya, simple kan? tinggal dateng ke loket refund, bawa persyaratannya, isi form, kelar deh..

Yang perlu dicatat juga ngga semua stasiun Jabodetabek yang punya loket refund, pelayanan refund itu cuma dilakukan sama stasiun besar yang emang jadi stop point kereta antar kota antar provinsi (gaya bet kereta AKAP, bis kali, ahaha). Berdasarkan website KAI, ini daftar stasiun refund untuk daerah operasional Jekarda:

1. Serang
2. Rangkasbitung
3. Jakarta Kota
4. Gambir
5. Pasar Senen
6. Bogor (Paledang)
7. Bekasi
8. Cikampek

(lol, ini mah ngga Jakarta doang yak)

Nah untuk yang Jakarta Kota, Pasar Senen, Bogor, Bekasi itu jam operasionalnya 09.00-16.00 WIB, tapi khusus untuk Gambir bukanya dari jam 04.30-22.00 WIB. Jadi kalo ngalamin waktu kepepet kayak saya, mending langsung ke gambir aja.

Informasi penting lain:
1. Refund / ganti jadwal kereta kena potong 25%, jadi uang yang balik cuma 75%
2. Kalo pilih pembayarannya via transfer baru dikembalikan 45 hari setelah refund
3. Kalo pilih pembayarannya ambil cash akan dikembalikan 30 hari setelah refund
4. Nama pemilik akun transfer harus sama dengan nama yang diisi dalam form merah
5. Kalo bisa jangan pakai rekening bank BNI syariah, kayaknya PT KAI belum kerja sama dengan bank syariah. Jadi biar aman dan uangnya sampai dengan selamat, pakai akun bank konvensional aja / telpon CS KAI untuk pastiin daftar bank nya (021-121)

Oke semoga infonya bermanfaat!